INSTAL WINDOWS VIA USB






Pada kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menginstal Windows 7/8 melalui USB, sebab saya memakai media USB karena file ISO (image) windows yang saya miliki kapasitasnya melebihi kapasitas 1 keping DVD Blank atau pada saat menginstal Netbook yang tidak mempunyai DVD ROM sehingga mau tidak mau harus pakai media USB (Flashdisk maupun DVD Eksternal.

Meskipun banyak utilitas gratis yang tersedia untuk membuat USB flashdisk menjadi bootable (bisa booting layaknya CD/DVD), tapi kebanyakan utilitas gratis tidak bekerja dengan sempurna, kali ini saya akan menggunakan cara yang mudah dan simpel yang tentunya 100% bekerja yaitu menggunakan Command prompt saja.

Persyaratan :

  • Windows 7/8 ISO bisa juga kalau pakai DVD Booting Windowsnya
  • 4/8 GB USB Flashdisk
  • Sebuah Notebook/PC dengan yang telah support Windows 7 atau Windows 8.

Catatan: Harap Backup dahulu isi USB flashdisk anda, karena akan memformatnya kemudian.

Langkah-Langkah menginstall Windows Melalui USB Flashdisk:

  1. Colokkan USB flashdisk ke komputer dan backup (simpan) dahulu file2 di dalamnya.
  2. Klik Start -> All Programs -> Accessories klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator untuk menjalankan Command Prompt dengan hak akses Administrator. Klik Yes kalo nongol jendela UAC.

Kita dapat juga menjalankan perintah Command Prompt dengan hak akses Administrator melalui Start Menu – Search dengan mengetikkan perintah CMD kemudian diikuti dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter.

  1. Pada Command Prompt, ketikkan perintah berikut dan tekan Enter:

DISKPART


Kita akan melihat pesan yang muncul seperti berikut ini:



  1. Sekarang, ketik perintah LIST DISK dan tekan Enter, untuk melihat nomor disk USB flashdisk yang mana yang mau dipergunakan untuk media penginstal windows, dalam tutorrial berikut USB flashdisk saya ada dinomor 1. Periksa ukuran USB flashdisk berikutnya (lihat gambar) untuk memastikan nomor USB flashdisk yang akan saya pakai.

Seperti gambar diatas, dimana usb flashdisk nya ada di nomor 1 dengan kapasitas 15GB, jadi pastikan DISKPART dapat mengenali USB flashdisk kita, jika tidak kedetect, cobalah cabut dan masukkan kembali USB flashdisknya kemudian ulangi langkah2 diatas.

Sekarang ketikkan perintah berikut satu persatu diikuti dengan menekan tombol Enter.


SELECT DISK 1



CLEAN



CREATE PARTITION PRIMARY



SELECT PARTITION 1



ACTIVE



FORMAT FS=NTFS



ASSIGN



EXIT


Sekarang USB flashdisk telah selesai dan siap digunakan booting, Jangan tutup dulu jendela Command prompt nya, cukup di-minimize, dan ikuti dulu langkah selanjutnya.

  1. Sekarang Mount lah file ISO windows 7/8 saya dengan memakai program Virtual CD/DVD seperti Virtual Clone Drive (gratis) atau Ultra ISO dll, jika ada DVD nya, masukin ke DVD-ROM DVD nya.

Setelah mount file ISO nya, catat/ingat nama Drivenya (Misal Drive G:), karena saya akan mengcopy isi nya ke USB flashdisk saya nanti.

  1. Sekarang saya kembali ke jendela Command Prompt tadi dan jalankanlah perintah berikut:

G: CD BOOT lalu tekan Enter (dimana G: adalah virtual drive yg telah saya bikin (mount))

  1. Ketik : BOOTSECT.EXE /NT60 J: ( dimana J: adalah nama drive USB flashdisk kita, dapat saya cek di my computer atau windows explorer)

  1. Sekarang bukalah windows explorer dan copykan semua isi file ISO yang telah di-mount tadi dengan memakai program Virtual CD atau ultra ISO dll, copy kan semua isinya ke dalam USB flashdisk kita. Jika memakai CD/DVD tinggal copykan saja semuanya kedalam usb flashdisk kita.


0 komentar:

Posting Komentar