Tutorial Koneksi dari Netbeans ke MySQL

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara koneksi Netbeans dengan database MySQL. Mungkin banyak dari kita yang sudah mengenal mengenai Netbeans yang merupakan salah satu aplikasi IDE yang digunakan programmer untuk menulis, mengompile, mencari kesalahan, dan menyebarkan program. Netbeans ditulis dalam bahasa java namun dapat juga mendukung bahasa pemrograman lain. Program ini bebas digunakan (open source).
Pertama saya membuat project dengan nama JavaApplication1, pada kesempatan kali ini saya tidak memberikan contoh project yang menggunakan langsung database MySQL karena saya belum terlalu menguasai bahasa pemrograman Java, jadi saya hanya akan berbagi cara koneksinya saja.



Setelah aplikasi selesai selanjutnya kita akan membuat koneksi dari Netbeans ke database MySQL, sebelumnya kita membutuhkan aplikasi Java Connector yang bisa anda download disini.

Baiklah setelah selesai download Java Connector tersebut, maka selanjutnya kita buka Project Java yang telah kita buat tadi dan klik kanan pada Library pada Project tersebut, lalu pilih Add JAR/Folder.
Lalu browse pada komputer letak Java Connector yang kita telah download sebelumnya tadi, select file .jar tersebut lalu open. Maka akan ada perubahan pada Library pada Project tersebut yaitu menambahnya Connector Java.

Selanjutnya kita membuat database pada MySQL, kali ini saya menggunakan XAMPP sebagai medianya. Saya memberikan contoh membuat database dengan nama koneksi dan tabel dengan nama tabel.

Selanjutnya kita kembali pada Netbeans, pilih tab Services, lalu klik kanan pada Databases dan pilih new connection.
Maka akan muncul form Connection Wizard, lalu pada driver MySQL(Connector/J driver). Pada Driver File(s) tambahkan mysql connector yang sudah kita masukkan pada Project Java tadi, lalu klik next dan akan tampil form Customize Connection.



Isi Database dengan nama database yang telah kita buat tadi (dalam hal ini saya menggunakan database koneksi yang sudah saya buat sebelumnya). Lalu isi Username, password, host, dan port sesuai properties database yang telah kita buat.


Jika sukses maka akan tampil seperti di bawah ini, maka koneksi yang kita buat telah sukses. Selamat mencoba teman-teman dan semoga berhasil.




Sumber http://blog.seventhsoft.net/2012/09/koneksi-java-netbeans-ke-database-mysql.html

0 komentar:

Posting Komentar