Definisi Sederhana dari Method



Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang definisi method pada bahasa pemrograman Java, seperti yang kita tahu method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah kelas.
Adapun fungsi method dalam Java adalah manipulasi data, perhitungan matematika dan memonitor kejadian dari suatu event.
Adapun bentuk umum dari pembuatan method, sebagai berikut :
tipe namaMethod(daftar-parameter){
//kode yang akan dituliskan
}

Sebagai catatan, dalam Java method terbagi menjadi :
Method void, method yang tidak mengembalikan nilai
Method non-void, method yang mengembalikan nilai
Apabila method yang kita buat ditujukan untuk mengembalikan suatu nilai tertentu, maka di dalam
method tersebut harus terdapat statemen return,yang diikuti dengan nilai yang akan dikembalikan.
Nilai dapat berupa konstanta maupun vaiabel, yang digunakan untuk menandakan nilai yang akan dikembalikan oleh method.
Sebagai contoh kita akan mendefinisikan sebuah method ke dalam kelas yang sebelumnya kita buat, yaitu kelas Kotak.
Kita akan menambahkan method cetakVolume() untuk mencetak nilai volume dari objek Kotak.
Method ini merupakan method yang tidak mengembalikan nilai. Maka dari itu kita harus mengganti tipe kembalian dengan kata kunci void.
Contoh :
package demomethod1;
class Kotak {
double panjang;
double lebar;
double tinggi;
// Mendefinisikan method void (tidak mengembalikan nilai) void cetakVolume() {
System.out.println ("Volume kotak = " + (panjang * lebar * tinggi));
}
}
public class DemoMethod1 {
public static void main (String[] args) {
Kotak k1, k2, k3;
// instansiasi objek
k1 = new Kotak();
k2 = new Kotak();
k3 = new Kotak();
// mengisi data untuk objek k1
k1.panjang = 4;
k1.lebar = 3;
k1.tinggi = 2;
// mengisi data untuk objek k2
k2.panjang = 6;
k2.lebar = 5;
k2.tinggi = 4;
// mengisi data untuk objek k3
k3.panjang = 8;
k3.lebar = 7;
k3.tinggi = 6;
// memanggil method cetakVolume() untuk masing-masing objek
k1.cetakVolume();
k2.cetakVolume();
k3.cetakVolume();
}
}
Hasilnya :
Volume kotak = 24.0
Volume kotak = 120.0
Volume kotak = 336.0
Perlu diperhatikan bahwa semua method dalam suatu kelas dapat mengakses data –datanya secara langsung tanpa melalui referensi. Sebagai bukti kita bisa amati pada method cetakVolume() bahwa variabel panjang, lebar, dan tinggi dapat dipanggil secara langsung.
Pemanggilan method dalam suatu kelas dilakukan dengan menuliskan objek pemiliknya, dan diikuti oleh operator titik ( . ) beserta nama method yang akan dieksekusi.

// Memanggil method cetaVolume() untuk objek k1
K1.cetakVolume();
// Memanggil method cetakVolume() utnuk objek k2
K2.cetakVolume();
// Memanggil method cetakVolume() untuk objek k3
K3.cetakVolume();

Hasil yang diberikan oleh method cetakVolume() tentu akan berbeda- beda tergantung dari nilai data yang terkandung dalam masing-masing objek bersangkutan.
Jadi demikianlah yang bisa bagi bersama, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar