Penipu Berkedok Pembeli Sepeda Motor

Tepat pada hari ini saya mendapat pengalaman yang sangat lucu dan mengecewakan, oleh karena itu saya akan berbagi pengalaman tersebut supaya teman-teman tidak langsung percaya dengan orang yang baru dikenal (ya sekedar untuk waspada aja).
Sehari sebelumnya saya memasang iklan jualan Motor Kesayangan saya di salah satu media pelayanan Jual Beli Online yang cukup terkenal, dan langsung saja esok harinya banyak sekali telepon/sms bertubi-tubi datang yang menawar maupun sekedar iseng bertanya aja.
Nah salah satunya adalah "Haji Iswar" yang menelpon dan mengaku bekerja di Batulicin yang dengan sopan menanyakan saya yang berniat menjual Motor saya tersebut. Beliau tidak terlalu ngotot mengenai penawaran harga yang saya berikan, bahkan beliau terdengar serius sampai mau ngasih DP segala. Berhubung saya belum pernah ketemu dan kenal dengan beliau, jadi saya merasa gak enak, tapi beliau memaksa saya menerima DP tersebut agar saya tidak menjual motor saya kepada yang lain.
Akhirnya saya kirimkan nomor rekening saya via sms dan beliau langsung bilang buat menunggu sampai beliau konfirmasi, setelah sekitar 3 jam kemudian beliau telepon kembali dan bilang kalau sudah transfer DP nya. Saya pun bingung soalnya kalau ada dana masuk ke rekening walaupun cuma 100rb :) akan ada pemberitahuan sms banking. Akhirnya saya cek melalui SMS banking dan ATM memastikan kalau dana yang beliau transfer udah masuk atau belum, dan ternyata belum ada penambahan di Saldo rekening saya. Saya hubungi beliau buat ngasih tahu kalau DP nya belum ada masuk, tapi beliau malah ngotot kalau beliau udah transfer dan mau komplain ke CS BNI melalui telepon beliau dan saya disuruh standby di depan ATM sambil ngobrol sama CS BNI nanti.
Nah mulai itu saya curiga dan menanyakan sama beliau nomor transaksi pengiriman DP ke rekening saya tersebut, saya pun pura-pura juga mau menanyakan sendiri ke CS BNI melalui telepon saya sendiri. Beliau langsung berubah nada bicaranya dan cari-cari alasan mulai dari HPnya jadul lah dan lupa lihat nomor transaksi di receipt ATM lah. Tiba - tiba beliau menanyakan berapa saldo rekening saya (hmmm... semakin mencurigakan), dengan nada santai saya bilang 50rb dan telepon langsung ditutup beliau. Hahahaha.... :D
Memang mengecewakan sih motor saya jadi gak terjual lagi, tapi paling gak ada pelajaran yang bisa saya ambil dari peristiwa ini. Semoga ada di luar sana pembeli yang jujur dan serius yang mau beli motor kesayangan saya itu dengan harga tinggi (hehehe...ngarep).
Semoga pengalaman ini juga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua agar lebih waspada terhadap orang yang baru dikenal, karena sekarang penipu menghalalkan segala cara buat menipu.
Salam damai.

0 komentar:

Posting Komentar